Top

Jurusan Tata Niaga laksanakan FGD dan Sosialisasi Penyusunan RPS Tahun 2022

Jurusan Tata Niaga laksanakan FGD dan Sosialisasi Penyusunan RPS Tahun 2022

Lhokseumawe – Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe laksanakan Focus Group Discussion (FGD) dan Sosialisasi Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Tahun 2022. FGD dan sosialisasi ini telah digelar sejak Selasa (13/09) hingga Senin (19/09) yang bertempat di Ruang Rapat Jurusan Tata Niaga,.  Hadir pada kegiatan tersebut sejumlah dosen program studi di lingkungan Jurusan Tata Niaga PNL.

Seperti yang telah diketahui, kurikulum KKNI telah diterapkan oleh secara keseluruhan jurusan di lingkungan PNL, termasuk di Jurusan Tata Niaga. Upaya-upaya perbaikan metode dan teknik pengajaran terus dilakukan pengembangan serta perbaikan yang termasuk dalam pengembangan kompetensi dosen melalui penyusunan RPS untuk keseluruh mata kuliah. Kegiatan ini dilakukan untuk mendalami teknik/metode pembelajaran berupa Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), maupun Studi Kasus (Case Methode).

Sekretaris Jurusan Tata Niaga, Kheriah, S.H., M.H., menerangkan bahwa kegiatan ini dilakukan secara bergiliran.

“Mengingat proses belajar mengajar untuk semester ganjil ini telah berlangsung, maka kegiatan FGD dan sosialisasi ini dijadwalkan secara bertahap sesuai dengan program studi masing-masing”.

Lebih lanjut, Kheriah juga berharap, kegiatan ini dapat menambah pemahaman para dosen dalam mengembangkan RPS.

“Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, kita dapat saling berdiskusi dan memberikan masukan yang positif dalam rangka mengembangkan teknik/metode pembelajaran kepada peserta didik guna menjaga dan meningkatkan kualitas proses belar mengajar”, ujarnya.

Lebih detail, Ketua Jurusan Tata Niaga, Zulkarnaini, S.E., M.Si., Ak., CA., menerangkan bahwa pentingnya RPS dalam proses belajar mengajar.

“RPS ini menjadi acuan rumusan tujuan dan pokok isi mata kuliah serta metode pembelajaran untuk mencapai kemampuan dan kompetensi akhir yang diharapkan, sehingga memberikan pengalaman belajar peserta didik, dinamika pembelajaran saat ini mengharuskan para dosen mampu dapat melakukan penyesuaian dalam proses belajar mengajar.

“Konsep program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dicanangkan oleh pemerintah perlu kita sambut dengan baik dengan melakukan penyelarasan. Teknik/metode pembelajaran dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam rangka mendukung mereka melaksanakan program tersebut”, jelasnya.

“PNL juga telah memfasilitasi program ini berdasarkan Keputusan Direktur No. 1365 Tahun 2021 tentang penetapan Kebijakan Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pendidikan Vokasi Sarjana Terapan di Lingkungan Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jadi proses penyesuaian itu perlu dilakukan, terutama pada RPS yang para dosen siapkan”, ujarnya.

Terakhir, Zul berharap kegiatan ini bisa memberi arah bagi dosen untuk menyadari bahwa RPS menjadi suatu keharusan. Zul juga menghimbau kepada dosen untuk menyerahkan RPS yang telah diselesaikan kepada program studi.

“Bapak/Ibu dosen mudah-mudahan dapat melakukan update RPS yang selama ini telah dibuatkan, kemudian dapat menyerahkannya ke prodi melalui PIC masing-masing yang telah ditujuk. Saya pesankan juga agar masing-masing ketua program studi dapat me-monitor dengan baik”, tutup Zul yang pernah menjabat sebagai Ketua CDC PNL periode 2012-2017.

Berdasarkan hasil pantauan selama kegiatan berlangsung, turut hadir seluruh ketua program studi yang ada di lingkungan Jurusan Tata Niaga seperti, Ali Imran, S.E., M.Si., Ak., CA, selaku Ketua program studi sarjana terapan Akuntansi Sektor Publik, Dr. Yusri Hazmi, S.E., M.Si., Ak. selaku Ketua program studi sarjana terapan Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah, Yenni Irawan, S.E., M.Si., selaku Ketua program studi sarjana terapan Manajemen Keuangan Sektor Publik. Hadir pula ketua program studi tingkat diploma yaitu Lukman, S.E., M.Si., Ak., CA, selaku Ketua program studi Akuntansi dan Zulfikar, S.E., M.Si., selaku program studi Administrasi Bisnis. Ketua Program Studi Magister Terapan Keuangan Islam, Dr. Busra, S.E., M.Si., ikut mengikuti kegiatan kegiatan ini beserta seluruh dosen program studi di lingkungan Jurusan Tata Niaga.

Partner :

Talk to us

0645 42670