Top

Gelar Kuliah Umum, Jurusan Tata Niaga Dorong Kompetensi melalui Pembelajaran Project Based Learning

Gelar Kuliah Umum, Jurusan Tata Niaga Dorong Kompetensi melalui Pembelajaran Project Based Learning

Lhokseumawe - Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema “Akselerasi Kompetensi Vokasi melalui Sistem Pembelajaran Projects  Based  Learning", Selasa (15/11/2022). Kegiatan ini sebagai salah satu media untuk memperkuat pemahaman dalam mengaplikasikan metode pembelajaran, khususnya pada mahasiswa.

 

Kuliah umum yang berlangsung di auditorium Jurusan Tata Niaga ini menghadirkan akademisi dari Politeknik Negeri Batam, Muslim Ansori, S.E., M.Ak., Ak., CPA., CLI, CRA., sebagai narasumber. Pesertanya terdiri atas dosen dan mahasiswa di lingkungan Jurusan Tata Niaga.

 

Ketua Jurusan Tata Niaga, Zulkarnaini, S.E., M.Si., Ak., CA., menyampaikan kuliah umum ini menjadi salah satu ruang untuk meningkatkan dan memperluas wawasan mahasiswa dalam mengkaplikasikan pendekatan atau metode pembelajaran, khususnya berkaitan dengan projects based learning.

 

“Setiap mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan di bidang itu dalam rangka menyampaikan materi pembelajaran. Jadi wawasan mahasiswa itu akan menjadi lebih luas,” jelasnya.

 

Selain melalui kuliah umum ini, sambung Zul, ia mengharapkan partisipasi baik dari dosen dan mahasiswa sebagai bagian dari implementasi kebijakan kurikulum merdeka kampus merdeka.

 

"Jadi mahasiswa dapat memilih dan mengembangkan minat nya sekaligus belajar dalam kerangka pembelajaran selama di kampus, sehingga apa yang dipelajari dapat langsung diaplikasikan pada kehidupan nyata yang dapat memberikan dampak positif langsung bagi banyak pihak", ujar pria yang juga pernah menjabat sebagai kepala CDC PNL.

 IMG-20221115-WA0018

 

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumini, Ir. Zamzami, S.T., M.Eng.. Ia berharap melalui kuliah umum ini nantinya kemampuan inovasi dalam aplikasi metode pembelajaran oleh mahasiswa semakin meningkat. Demikian juga dengan critical thinking maupun kreativitas lainnya sehingga mahasiswa dapat menjadi generasi yang siap menghadapi tantangan ke depan.

 

“Disitu (media pembelajara-red) saya yakin ada kolaboration dan komunikasi yang akan dilakukan,” katanya.

 

Melalui kuliah umum ini, menurut Zamzami mahasiswa juga akan mendapatkan perspektif yang berbeda dari narasumber mengenai metode pembelajaran ini. Sehingga ke depan mahasiswa yang akan menjadi seorang profesional, ahli di bidang sesuai kompetensi yang dimiliki.

 

“Sehingga saya harap ini memberikan manfaat yang sangat penting bagi mahasiswa,” ujarnya

 

Terakhir, Zamzami mengutarakan terima kasih kepada narasumber yang telah berkenan hadir untuk berbagai pengalaman dalam metode pembelajaran.

 

"Terima kasih kami ucapkan kepada Pak Muslim Anshori dari Politeknik Negeri Batam, atas kehadiranya di PNL, dan semoga kerjasama yang baik ini, dapat memberikan kebaikan bagi kita semua.

Semoga kami dapat mengikuti jejak Politeknik Negeri Batam, sehingga  dapat menambah mitra internasional kami ” tutupnya

 

Partner :

Talk to us

0645 42670